Minggu, 11 Juli 2010

CARA MENGATSI EMOSI DI KANTOR

Dalam
urusan kerja, emosi bak dua sisi mata uang. Di satu sisi, emosi dapat membantu
kita mendapatkan pekerjaan yang kita impikan. Sebaliknya, emosi juga bisa
menjadi penghalang dalam mencapai potensi maksimal. Kemampuan menguasi emosi
sangat diperlukan jika kita ingin maju.

Tip 1: Tenangkan diri
Pasti ada saat-saat dimana emosi Anda meledak. Jangan bawa rasa marah ke
ruangan atasan, dan menuangkan semua emosi Anda kepadanya. Atasan bukan tempat
yang tepat untuk curhat hal-hal sepele yang seharusnya bisa Anda selesaikan
sendiri. Sebaliknya, tarik diri Anda dari situasi yang tak mengenakkan, dan
kenali masalah yang membuat Anda marah. Setelah itu, analisa permasalahan, dan
cari solusi.

Tip 2: Membaca sinyal
Bila Anda termasuk orang yang bersemangat dan penuh dengan untuk melaksanakan
tugas-tugas yang sulit, manfaatkan energi tadi untuk memaksimalkan kelebihan
yang Anda miliki. Tetapi, tetaplah melakukannya dengan hati-hati.

Tip 3: Fakta pendukung
Bila sedang melakukan suatu tugas yang membuat Anda sangat bersemangat,
jangan lupa untuk melengkapinya dengan fakta-fakta dan angka-angka. Tetapi
jangan lupa, untuk mendapatkan kepekaan bisnis yang baik, selain data yang
obyektif dan dasar pemikiran yang kuat, “investasi emosional” juga perlu Anda
miliki.

Tip 4: Kerja sama dengan baik
Kemampuan bekerja dalam tim merupakan keterampilan yang penting. Di
lingkungan profesional, keberhasilan tim sangat tergantung dari kemampuan
memberi dan menerima (take and give) antara para anggota tim yang bekerja sama
demi mencapai tujuan.

Sebagai pemimpin tim, kemampuan mengelola emosi diri sendiri dan emosi
anggota lainnya merupakan keahlian tersendiri. Salah satu cara terbaik dalam
mengatur emosi orang lain adalah dengan mendengarkan apa yang mereka katakan
dan memperlihatkan empati terhadap apa yang mereka rasakan.

Tip 5: Cari orang yang tepat
Kadang-kadang hanya dengan mengeluarkan uneg-uneg kepada seseorang yang
mengerti dinamika kantor akan dapat menenangkan emosi Anda. Melepaskan
kekesalan kepada seseorang yang tidak memiliki tingkat emosional yang sama
dengan Anda merupakan cara terbaik. Pilihlah tempat curhat dengan bijaksana,
dan pikirkan dua kali sebelum menentukan siapa orangnya agar Anda tidak
dikhianati.

Tip 6: Menjaga keseimbangan hidup
Cara lain untuk mendapatkan keseimbangan emosional di tempat kerja adalah
dengan memiliki keseimbangan hidup di luar tempat kerja Anda. Bila Anda
memiliki kehidupan pribadi yang menyenangkan, rasa bahagia akan terpancar di
wajah Anda dan terbawa ke kantor. Akibatnya, meskipun Anda bertemu dengan
hal-hal yang potensial memancing emosi, Anda bisa mengatasinya dengan wajar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar